Nagios Network Monitoring

Hey guys,,,sorry agak lama setelah tadi posting How to Hibernate With Command Line in Debian , lagi ngedesain, maklum selain cinta oprek-oprek, desain jadi sampingan.

Guys, kali ini gw mau bahas tentang Network Monitoring Open Source gratis. Mau tau ? kasih tau nggak ya,,,mau aja atau mau banget....xixixixi (nanyanyaikutgayaorangalai). Nagios salah satu NetMon yang banyak digunakan oleh para maniak open source dan networking terutama para kaum Admin Network, kenapa nagios? pertama gratis, mudah untuk di installasi, performa stabil, fiturnya banyak. Tetapi bagi yang tidak suka open source jangan coba-coba, hehehehe.

Nagios seringkali digunakan untuk memonitor pergerakan jaringan terutama monitoring server. Sangat membantu untuk admin network memastikan bahwa servernya berjalan atau tidak, jika mati, bisa terlihat di lognya, selain itu membantu untuk melakukan reporting network.

Untuk installasi nagios, bisa download dulu paket nagiosnya di https://www.nagios.org/, setelah itu agan-agan install juga apache sebagai servernya, setelah itu install. Maaf disin gw nggak akan bahas panjang lebar gimana cara install nya,,,hehehe, bikin penasaran ya....xixixix.

Nih penampakan nagios:




Demikian sekilas lintas tentang nagios. Semoga bermanfaat. :)





EmoticonEmoticon