Apa itu Drone ?

Pernah denger kata-kata drone, apa yang terbayang di benak kita tentang drone? Pasti pesawat tampak awak, betul...!! Hehehe. Dunia semakin canggih saat ini, mengembangkan berbagai teknologi yang bermanfaat untuk dunia. Drone dulunya tidak lepas dari yang namanya MILITER, karena oleh militer drone (pesawat tanpa awak) digunakan untuk mengintai musuh, memetakan tempat untuk strategi perang. Drone bisa diartikan teknologi canggih berupa kendaraan udara dengan kontrol melalui remote control.

Di zaman serba canggih saat ini, drone tidak  hanya di gunakan oleh militer, namun masyarakat pada umumnya pun bisa menggunakannya, sekarang drone bisa digunakan untuk memotret dari ketinggian, selfie-selfie dengan remote control langsung dari smartphonenya dengan kata lain drone dapat di koneksikan dengan Smartphone yang kita miliki via teknologi Wifi atau Bluetooth, Selain itu juga untuk bahan pengumpulan berita dengan memvideokan dari udara sehingga terlihat jelas semua aktivitas masyarakat untuk di beritakan di stasiun televisi, klo dulu menyewa helikopter untuk mengambil gambar atau video sekarang cukup menggunakan drone.

Fungsi dan Kegunaan Drone

Seiring perubahan zaman saat ini maka menurut penulis drone di bagi kedalam dua:

Drone khusus militer atau badan pemerintahan, digunakan untuk peralatan perang, mengintai musuh, memetakan lawan, mempertahankan diri jika ada bahaya bahkan digunakan untuk menjatuhkan bom dalam situasi perang. Model dronenya lebih besar seperti pesawat atau helikopter tanpa awak.

Drone khusus komersil, digunakan untuk  pemotretan, pengambilan gambar, mengantarkan barang dengan berat yang sudah ditentukan.

Seperti yang sudah saya paparkan diatas, drone dalam dunia militer berfungsi dan digunakan untuk pengintaian musuh, mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam, memonitor arah angin, memantau aktifitas di udara. Ukuran drone ini lebih besar dari pada drone komersil yang lebih kecil sebesar telapak tangan orang dewasa, drone khusus militer dan badan pemerintahan ini berukuran layaknya helikopter.

5 Jenis Drone Kamera
Menurut gdroneview.com, Jenis drone kamera yang pertama ada Syma RC Quadcopter X8G, kemudian untuk jenis drone kamera yang kedua ada Wltoys Drones V686G FPV, kemudian untuk jenis drone kamera yang ketiga ada Cheerson CX 20, Selanjutnya untuk jenis drone kamera yang keempat yaitu ada Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition.Dan untuk jenis drone kamera yang kelima ada Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV, yang masing-masing jenis ini mempunyai kelebihan dan keurangannya.

1.   Drone Syma RC Quadcopter X8G
Jenis drone ini mempunyai banyak fitur yang cukup mumpuni namun di banderol dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Drone ini dilengkapi dengan kamera berukuran 5 megapixel dan dapat digunakan untuk mengambil video dengan ukuran kualitas 1080 pixel.

2.  Drone Wltoys Drones V686G FPV
Jenis drone ini mempunyai kamera berukuran 2 megapixel dan dilengkapi dengan fitur pendukung seperti built in. Drone jenis ini dapat terbang selama 8 menit dan jarak terbang yang dimiliki adalah 150 meter.

3. Drone Cheerson CX 20
Jenis drone ini mempunyai fitur GPS sehingga dapat dikontrol dengan sangat mudah dan dapat diterbangkan dengan jarak sekitar 300 meter dengan waktu terbang sekitar 15 menit

4. Drone Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition
Dapat dikendalikan dalam jarak 40 meter dan untuk waktu terbangnya adalah 10 menit

5. Drone Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV 
Jenis drone ini dapat terbang dengan jarak 40 km per jam atau 1000 meter. Drone jenis ini telah dibekali dengan kamera built in dengan kualitas HD 800 TVL. Tidak hanya itu saja untuk transmisi video realtime yang dimiliki oleh drone ini dapat dijalankan dengan menggunakan frekuensi sekitar 5,8 GHz. Drone ini dapat terbang selama 12 menit dan memiliki baterai dengan kapasitas 11,1 volt atau 2200 Mah

Demikianlah pembahasan kita kali ini

Salam Ngeblog...!


EmoticonEmoticon