Cara Mudah Memproteksi Komputer dari Virus Tanpa Antivirus dan Firewall

Temen-temen pasti kaget dengan judul diatas, masa iya tanpa antivirus atau firewall kita bisa terbebas dari virus komputer. Patut di catat dan diingat nasihat ini, "mencegah lebih baik dari pada mengobati".

Antivurs dan Firewall belum tentu dapat mengobati komputer yang sudah terjangkit virus, karena virus bisa lebih baru dari pada antivirus dengan kata lain virus selangkah lebih maju dari pada antivirus. Karena sejatinya antivirus adalah virus, virus yang menyerang virus persis imunisasi atau vaksin yang disuntikkan dalam tubuh kita, alih-alih kebal dari penyakit, jika tubuh kita tidak kuat menerima vaksin justru malah memperparah kesehatan tubuh.

Sebenarnya, cara mengatasi virus iitu cukup mudah, antar lain:

1. Jangan membuka atau menerima file yang didapat dari email, mIRC dan messenger jika Anda belum kenal dengan pengirimnya.

2. Jika Anda browsing ke situs web yang tidak dikenal, matikan program java dan java script. Matikan juga fitur install auto atau install on demand supaya program yang berisi virus tidak akan masuk secara otomatis ke komputer Anda.

3. Buatlah Restore Point pada Start -->All Programs-->Accessories-->System Tools-->System Restore

4. Ubah attribut file systemnya dari exe menjadi READ ONLY dengan DOS atau secara manual, secara manual klik kanan file --> Properties, kemudian pilih READ ONLY, dengan DOS: C:\windows>attrib +r *.exe

Demikianlah pembahasan kita kali ini.

Salam Ngeblog...!


EmoticonEmoticon