Teknologi 2 Busi Bajaj Pulsar 200

Salam 2 busi, begitulah para pulsarian sering menyapa, hehehe, kebetulan saya juga punya motor pulsar 200 tahun 2008, lumayan agak lama, maklum beli second.

Bajaj pulsar memang terkenal dengan 2 businya atau bahasa kerennya DTS-i, motor ini hemat sekali bensin, menurut beberapa testimoni pengguna pulsar, jakarta-bogor pulang pergi hanya 20 ribu rupiah. 

Menurut wikipediaBajaj Pulsar adalah merek Sepeda motor yang dimiliki oleh Bajaj Auto dari India. Sepeda motor ini dikembangkan oleh divisi teknik mesin produksi Bajaj Auto yang bekerjasama dengan desainer sepeda motor Glynn Kerr Tokyo R&D.[1] Sampai saat ini ada 4 varian tersedia dengan kapasitas mesin 135cc, 150cc, 180cc, and 220cc. Sebelumnya ditawarkan juga Pulsar dengan mesin 200cc DTS-i berpendingin oli yang sudah tidak diproduksi.

Banyak orang yang meragukan motor pulsar dan banyak yang mengira ini adalah motor cina, padahal motor ini asli india, performa yang begitu memuaskan dan fantastis, motor ini tidak kalah dengan motor-motor branded lainnya, coba bayangkan saja, akselerasi pulsar 135 cc setara dengan yamaha bysin 150 cc.

Walaupun ada sebagian pulsarian yang mengeluh susah cari spare partnya. Padahal kalau dicari pasti ada walaupun indent, memang ada beberapa spare part yang sudah di cari harus menunggu beberapa bulan, tetapi menurut saya itu tidak jadi soal. Awal keberadaan pulsar di Indonesia sangat lah mudah mencari spare part, namun di karenakan perusahaan penyedianya gulung tikar maka agak sulit untuk mencari spare part bajaj pulsar. 

Ada yang bilang pulsar sudah mati, tetapi saya merasakan bahwa pulsar akan sedang bangkit, buktinya bengkel khusus pulsar masih tetap ada, banyak juga biker yang memburu pulsar untuk touring luar kota bahkan sampai ke titik nol. Secara umum pulsar masih digandrungi oleh bikers.

Kembali ke pembahasan kita teknologi 2 busi bajaj pulsar 200, 2 busi berarti 2 pembakaran, dengan adanya 2 busi ini pulsar 200 memiliki akselerasi yang sangan cepat.

Berikut ini penjelasannya di kutip dari http://doyock-online.blogspot.co.id/2013/05/dts-i-technology-pengertian-teknologi.html :

Teknologi DTS-i (Dual Twin Spark-ignition) adalah merupakan suatu teknologi pada mesin yang dikembangkan secara khusus dan eksklusif oleh Bajaj Auto dan telah dipatenkan. Teknologi DTS-i adalah teknologi pada engine yang mempunyai ruang pembakaran menggunakan sistem  pengapian  Busi Ganda (DTS) dan diatur dgn CDI digital (ignition), DTS-I dapat mengatasi masalah pembakaran yang lambat (umumnya terjadi pada engine busi tunggal). 


Kepala silinder pada engine DTS-I dilengkapi dengan dua busi, sebagai ganti busi tunggal  konvensional  dengan membangkitkan dua busi pada tiap ujung dari ruang pembakaran, (sekitar 90 derajat terhadap sumbu katup) .lalu campuran Udara dan Bahan Bakar  terbakar dengan dipicu oleh CDI diteruskan ke koil dan dua percikan api busi sehingga proses pembakaran dalam ruang bakar akan berlangsung lebih cepat,
ditambah dngn  Torque Expansion Chamber  (TEC) sehingga hasil yang pasti adalah torsi yang lebih besar, lalu efisiensi bahan bakar yang lebih baik / irit dan emisi gas buang yang lebih rendah.

Secara singkat cara kerja  teknologi DTS-I adalah ketika  Throttle gas dibuka  sensor  TRICS III (Throttle Response Ignition Control System) Fungsi dari TRICS adalah pemicu pengapian pertama dan kedua untuk pembakaran yang sempurna terhadap campuran udara dan bensin pada berbagai posisi throttle guna mendapatkan power dan performa yang optimal. Microprocessor pada sistem pengapian digital / CDI terus merasakan perbedaan kecepatan dan beban pada mesin kemudian merespon dengan merubah timming pengapian ( waktu pengapian dan lama  pengapian ) lalu campuran Udara dan Bahan Bakar  dari karburator masuk ke ruang bakar, terbakar dengan dipicu oleh  dua percikan api busi sehingga proses pembakaran dalam ruang bakar akan berlangsung lebih cepat.
Macam-macam Teknologi DTS ( Dual  Twin  Spark ) lainya
 Teknologi Dual Twin Spark   dibagi 3 tipe yaitu :
  • DTS-I (Digital Twin Spark Ignition) Teknologi DTS pada dasarnya, yaitu pembakaran dengan 2 busi yang di atur secara digital.
  • DTS-Si (Digital Twin Spark Swirl Induction) Varian Teknologi DTS di mana sistem pengisian dan pencampuran bahan bakar di ruang bakar mesin dibuat agar bercampur secara berputar (Swirl). hingga pencampuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar lebih sempurna, guna meningkatkan efisiensi bahan bakar.      
  • DTS-Fi (Digital Twin Spark Fuel Injection) Varian Teknologi DTS di mana sistem asupan bahan bakar pada ruang bakar mesin menggunakan sistem injeksi, guna meningkatkan tenaga pada mesin.

ini penampakan motornya gan:


Jelas sudah pembahasan Teknologi 2 Busi Bajaj Pulsar 200, semoga bermanfaat...

Salam Ngeblog..!!

sumber:

http://doyock-online.blogspot.co.id/2013/05/dts-i-technology-pengertian-teknologi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bajaj_Pulsar

4 komentar

Wahh keren mas, sya dulu juga punya pulsar 135 tetapi sdh usang/gak kepakai karena mesin overheat dan oli sering menetes

Ohh ya mas gimana cara memperbaiki nya ya soalnya sparepart udh pada langka dan klau beli online harganya mahal

COMING SOON GRATISS FREEBET ANGPAO TAHUN BARU IMLEK & VALENTINE 2021

KUNJUNGI FREECHIP SITUS SLOT ONLINE TERMURAH DAN TERPECAYA DAN MASIH BANYAK PERMAINAN CASINO LIVE POKER CEME SABONG AYAM DAN PERMAINAN LAIN SERUNYA !! TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

JOIN & GET JACKPOT >> No WA +62 819-1005-3031 <<
CS 24 JAM ONLINE

SEHAT SELALU UNTUK KITA SEMUA ...ALWAYS THANKFULL AND GRATEFULL ^^

sekarang banyak kok suku cadang bajaj pulsar, ada bengkel nya juga yg khusus menangani, spare part bisa beli online


EmoticonEmoticon